Penyakit Periodontal bisa mengakibatkan kematian

Sudahkah anda semua menggosok gigi …?Semakin majunya zaman semakin banyak pula penyakit – penyakit bermunculan, menjaga kebersihan sejak dini adalah jalan satu-satunya yang bisa di tempuh. Disini saya akan pemperkenalkan bahaya dari penyakit periodontal. Mari kita simak.

Penyakit periodontal ini ditandai dengan linu di gusi, lalu diikuti dengan perdarahan atau biasa disebut sensitif. Jika tidak segera ditangani, gigi akan goyang dan terjadilah resesi atau turunnya gusi. Tidak berhenti sampai disitu. Setelah resesi, kuman dalam jumlah banyak akan lebih mudah masuk dan melekat di gigi. Gangguan metabolisme dalam tubuh pun mulai terjadi. Kondisi tubuh dan jaringan periodontal memang saling berhubungan. Penyakit periodontal bisa menjalar ke tubuh. Kuman yang masuk bisa menyebabkan infeksi dan mengenai organ-organ tubuh yang lain seperti jantung dan hati. Bahkan, kuman di jaringan bisa masuk ke jaringan barrier ke plasenta.

Akibatnya, penyakit periodontal yang dibawa si ibu bisa menular dan menurun ke bayi. Faktor luar misalnya bahan kimia pada makanan dan rokok bisa mendorong munculnya penyakit periodontal. Biasanya, penyakit ini mulai menyerang saat seseorang berusia 15-20 tahun. Namun, bila ia sudah tertular penyakit ini dari sang ibu, maka tanda-tanda awal penyakit periodontal bisa muncul lebih awal.Penanganan terhadap penyakit periodontal meliputi beberapa tahapan. Yakni dengan pemakaian pasta gigi untuk gigi sensitif, aplikasi tumpatan atau tambal tulang gigi (mucogingival surgery).

arrow
arrow
    全站熱搜

    Chou 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()