Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang mengintai hidup wanita. Selain faktor genetik, faktor lingkungan, nutrisi, dan gaya hidup juga memiliki peran signifikan bagi wanita untuk menderita kanker tersebut.

Kabar baik datang dari hasil studi yang dilakukan selama 10 tahun oleh para peneliti dari Harvard University. Dalam studi tersebut para ahli membandingkan data 712 wanita yang sudah terkena kanker payudara dengan 712 wanita yang masih bebas dari kanker.

Di antara wanita yang akan memasuki masa menopause, mereka yang mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin B-12 yang tinggi, ternyata risiko terkena kanker payudara pun turun hingga 63 persen. Sayangnya manfaat vitamin B-12 tidak banyak terlihat pada kelompok wanita yang sudah menopause. Tapi mereka yang mengonsumsi vitamin B-6 risikonya berkurang hingga 34 persen.

Asam folat juga menjadi senjata lain untuk melawan kanker payudara, khususnya untuk wanita yang setiap hari minum 15 gram atau segelas alkohol setiap harinya. Untuk mereka dalam kelompok ini, asam folat efektif untuk mengurangi risiko kanker yang memang berkaitan dengan konsumsi alkohol.

Para wanita dalam studi ini mendapatkan asupan vitamin yang berasal dari kombinasi makanan alami dan suplemen. Mereka mengonsumsi 3 miligram vitamin B-6, 8 miligram vitamin B-12, dan 423 mikrogram folat setiap hari.

Sumber vitamin B dari makanan antara lain sereal, jeruk, atau orange juice. Untuk asam folat, dapatkan dari sayuran hijau, kacang-kacangan, roti yang difortifikasi, sereal, atau pasta.

創作者介紹

~`* Chou Blog ~`*

Chou 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()