Kesehatan tubuh sangat penting bagi kalangan perempuan aktif. Namun, tinggal di kota metropolitan yang selalu sibuk tentu akan sulit bagi kita untuk menjaga pola hidup yang sehat. Untuk itulah, para perempuan yang selalu aktif dalam kesibukannya setiap hari sangat perlu menjaga tubuh agar selalu bugar dan sehat. Berikut ini kiat sehat untuk Anda para perempuan aktif. Semoga berguna!
Stop merokok
Merokok adalah salah satu penyebab kematian di Amerika Serikat. Jika Anda seorang perempuan yang perokok, risiko terserang penyakit jantung dan kanker akan cukup besar, khususnya jika Anda menggunakan alat kontrasepsi oral. Berhati-hatilah terhadap asap rokok di tempat kerja ataupun di rumah.
Kendalikan berat badan
Selain memiliki tubuh ramping yang sedap dipandang, mempertahankan berat badan bermanfaat besar terhadap kesehatan. Perempuan memiliki kecenderungan peningkatan tekanan darah tinggi jika berat badan mereka 20 pound atau diatas berat badan yang direkomendasikan. Jika Anda terlalu gemuk, terutama di sekitar pinggang, Anda berisiko besar untuk beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung dan stroke. Hindari terlalu banyak konsumsi karbohidrat, gula dan makanan berlemak.
Jaga kadar kolesterol
Kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko terbesar terserang penyakit jantung dan secara tidak langsung meningkatkan risiko stroke. Menurut Persatuan Jantung di Amerika Serikat, seorang perempuan pada usia 55 tahun kecenderungan kolesterolnya akan lebih tinggi dibandingkan kaum pria.
Konsumsi sayur
Banyaklah mengonsumsi makanan yang kaya serat, misalnya sayur dan buah dengan kandungan kolesterol yang rendah. Beberapa penelitian menegaskan adanya hubungan antara konsumsi sayur-sayuran dengan berkurangnya risiko kanker.
Kurangi lemak
Rekomendasi pengaturan diet adalah untuk menurunkan jumlah lemak yang ada hingga 30% dari kalori. Sumber lemak antara lain yaitu keju atau margarin, minyak goreng, daging dan produk susu. Jika Anda ingin memakai minyak, pakailah minyak zaitun. Jangan sama sekali menghindari lemak karena zat ini tetap dibutuhkan tubuh.
Istirahat cukup
Sangat penting bagi tubuh untuk rileks. Anda dapat melakukan beberapa cara seperti meditasi, bernafas yang panjang, jalan kaki atau bahkan hanya sekadar membaca buku yang disukai.
Olahraga
Olahraga dapat membantu Anda hidup lebih sehat dan bahkan hidup Anda akan lebih produktif. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa perubahan yang sederhana dalam rutinitas hidup sehari-hari akan menguntungkan untuk kesehatan. Cobalah parkir mobil Anda agak jauh dan berjalanlah menuju ruangan, naik tangga lebih baik dibandingkan bergantung pada lift. Usahakan agar tubuh selalu bergerak.
Tes pap smear secara teratur
Tes ini akan mendeteksi perubahan pra-kanker leher rahim pada tahap awal. Terapi awal pada kondisi ini akan mencegah penyebaran kanker lebih jauh.
Cek tekanan darah
Semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin tinggi pula risiko terserang penyakit jantung. Konsultasilah dengan dokter Anda mengenai langkah yang harus diambil untuk tetap menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat.
Cek payudara secara teratur
Temui dokter kandungan Anda dan tanyakan padanya kapan Anda memulai memprogram secara teratur. Deteksi awal merupakan upaya pencegahan yang disarankan. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?
arrow
arrow
    全站熱搜

    Chou 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()